Semua tentang microsoft office dan dunia kantor

Wednesday, December 27, 2017

5 RUMUS DASAR PADA MICROSOFT EXCEL !

5 RUMUS DASAR PADA MICROSOFT EXCEL
Think Smart : 5 Rumus Dasar Excel


Fungsi formula dasar adalah untuk melakukan penghitungan terhadap data yang ada di Microsoft Office Excel 2013.
Setiap penggunaan formula dasar, kita harus mengawalinya dengan tanda sama dengan (=). Tanda sama dengan (=) dimaksudkan untuk mengawali sebuah fungsi di Microsoft Office Excel 2013. Yang perlu diperhatikan adalah alamat dari data tersebut, jika salah mengetikkan alamatnya, maka data tersebut akan bernilai salah (#VALUE). Fungsi-fungsi dasar tersebut antara lain :

  1. Aritmatika Dasar : Fungsi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).
  
  2. SUM : Berfungsi untuk menjumlahkan data.


Terdapat sebuah data Barang yang terdiri dari Buku, Kursi,  dan Pensil. Masing-masing barang tersebut memiliki jumlah yang tidak sama dengan barang yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari berapa jumlah barang secara keseluruhan, kita dapat menggunakan rumus SUM. Dengan mengetikkan alamat E4 sebagai data pertama, hingga E6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui keseluruhan jumlahnya. Jadi ketika anda ingin menjumlahkan dalam jumlah sebanyak apapun cukup dengan rumus ini maka akan ketemu hasilnya.

3. MIN : Berfungsi Mencari nilai terendah.
Think Smart : Rumus MIN
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Kualitas Barang dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai terendah dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MIN. Dengan mengetikkan alamat E4 sebagai data pertama, hingga E6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai terendahnya.

4. MAX : Berfungsi untuk mencari nilai tertinggi.
Think Smart : Rumus MAX 
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Kualitas Barang dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai tertinggi dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MAX. Dengan mengetikkan alamat E4 sebagai data pertama, hingga E6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai terendahnya.

5. AVERAGE : Berfungsi mencari nilai Rata-rata

Think Smart : Rumus Average
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai rata-rata dari semua nilai adalah menggunakan fungsi AVERAGE. Dengan mengetikkan alamat E4 sebagai data pertama, hingga E6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai rata-ratanya. (=Average(E4:E6) lalu tekan enter)

Demikian artikel tentang 5 Rumus dasar dalam microsoft. jangan lupa follow blog kami bila ingin mendapatkan kiriman-kiriman terbaru semua tentang office dan hal hal pekerjaan kantor. mulai dari tingkat dasar sampai lanjutan.


No comments:

Post a Comment